Auxiliary Power Unit

Auxiliary Power Unit (APU)


APU adalah perangkat yang ada pada suatu kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. Biasanya di temukan di pesawat dan kapal laut besar serta kendaraan darat besar. APU pesawat pada umumnya menghasilkan 115 V arus bolak-balik (AC) pada 400 Hz (dari pada 50/60 Hz pasokan listrik), untuk menjalankan sistem listrik pesawat; lainnya dapat menghasilkan 28 V arus searah (DC). APU dapat memberikan kekuasaan melalui satu atau tiga fase sistem.



Function
Tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan kekuatan untuk memulai mesin utama. Turbine engine harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup untuk operasi mandiri. Jet engine yang lebih kecil biasanya dimulai oleh sebuah motor listrik, sedangkan engine  yang lebih besar biasanya dimulai oleh sebuah air turbine motor. Sebelum engine yang akan berubah, APU dimulai, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU sedang menyala, ia menyediakan tenaga (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat ini.

Untuk memulai, jet engine membutuhkan rotasi pneumatik dari turbin,  AC-electrical fuel pumps, dan AC-electrical "flash" yang ignites fuelSebagai turbin (di belakang combustion chamber) sudah berputar, inlet fan depan juga berputar. Setelah ignition, baik fan dan turbine mempercepat rotasinya. Sebagai penyestabil pembakaran, setelahnya engine hanya membutuhkan fuel untuk run di idle. Saat Engine start dapat menggantikan APU ketika engine berlanjut menyala.

APU akan dinyalakan kembali setelah pesawat mendarat dan sebelum mesin dimatikan agar kelistrikan dan AC pack di pesawat tetap bisa digunakan. Untukturn around atau transit, APU biasanya dibiarkan menyala kecuali dibandar udara yang mengharuskan pemakaian external power dan external ACditempat parkir pesawat/apron.

Komentar